23 Maret 2020 15:50:26
Ditulis oleh admin

Hand Sanitizer Dari Daun Sirih

Pemdes-Daun sirih itu bisa dipakai untuk hand sanitizer, 

Caranya, 10-12 lembar daun sirih dicuci bersih, ditiriskan, dan dipotong-potong kasar. Setelah itu, rebus segelas air bersih (200 ml) dengan panci stainless steel. “Bisa juga panci tanah. Pokoknya jangan alumunium karena akan menyebabkan oksidasi dan itu bisa menghilangkan kandungan antiseptiknya,”

Setelah mendidih, masukkan potongan daun sirih ke dalam panci dan kecilkan api sekitar 15 menit. Kemudian, matikan api dan biarkan sampai dingin. Setelah dingin, air disaring dan dimasukkan ke dalam botol spray, siap untuk digunakan. “Ini bisa bertahan dipakai dalam 2-3 hari. Setelah itu harus buat lagi,”

Pencegahan yang tak kalah penting adalah dengan selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Salah satunya dengan meningkatkan imunitas tubuh. Yakni dengan berolahraga (sambil tetap menjaga kontak dengan orang lain), mengonsumsi vitamin, serta menjaga asupan gizi secara seimbang.

Mengonsumsi rebusan empon-empon seperti jahe, temulawak, kencur, dan kunir juga bisa menjadi salah satu alternatif. Begitu pula secang, kayu manis, daun kelor, juga kenikir. “Kandungan zat di dalamnya bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh,”aris/ayik

https://surabaya.tribunnews.com/2020/03/19/cara-buat-hand-sanitizer-tanpa-alkohol-bahannya-daun-sirih-jeruk-nipis-prosesnya-cepat



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus